Pengembangan Warnet / Game Center

Telah banyak informasi di internet mengenai pembuatan Game Center dan Internet Center atau Warnet. Berikut ini kami akan memberikan tambahan informasi mengenai faktor yang cukup penting untuk tahapan pengembangan warnet.

1. Pilih lokasi dengan trafik yang cukup
Lokasi merupakan hal yang penting dalam pengembangan warnet. Pilihan lokasi yang baik dapat menentukan apakah warnet yang kita dirikan dapat bertahan.
  • Sebaiknya mengembangkan Game Center atau warnet di tempat yang trafiknya cukup tinggi. Lokasi seperti sekolah, universitas, jalan protokol biasanya memiliki trafik yang cukup. Lokasi lainnya seperti pusat perbelanjaan dan perumahan dapat juga dijadikan alternatif.
2. Desain Game Center dan Warnet yang menarik
Pada tahap perencanaan, ada baiknya Game Center dan Warnet dibuatkan desain yang cukup menarik pelanggan. Game Center untuk game online memiliki kecenderungan desain yang lebih terbuka antara satu tempat duduk dengan tempat duduk lainnya. Sedangkan untuk Warnet yang lebih ke arah Browsing, biasanya pelanggan lebih membutuhkan privasi. Sesuaikan desain dengan kebutuhan pelanggan, agar suasananya membuat pelanggan lebih betah. Faktor seperti meja dan kursi juga perlu diperhatikan.

3. Perangkat komputer dengan spesifikasi yang memadai
Untuk Game Online, biasanya komputer yang dibutuhkan adalah yang memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Perangkat komputer perlu memiliki memori, misalnya di atas 1 Giga, VGA yang handal agar gambar yang dihasilkan beresolusi tinggi dan juga harddisk yang cukup besar untuk menyimpan berbagai data Game Online yang terus bermunculan. Jangan lupa pemilihan speaker atau headset yang juga cukup baik kualitasnya serta keyboard dan mouse yang enak digunakan.
Sedangkan untuk Warnet yang berorientasi browsing, spesifikasi yang dibutuhkan tidak perlu terlalu tinggi. Yang penting keyboard, mouse yang enak digunakan. Ada fasilitas headset yang baik dan juga bila memungkinkan disediakan webcam. Komputer setara Pentium 4 juga biasanya sudah cukup bila digunakan untuk browsing.

4. Human Resource yang berorientasi ke pelanggan
Pemilihan pegawai untuk Game Center dan Warnet sangat penting. Faktor seperti pelayanan ke pelanggan dan juga maintenance komputer yang berkesinambungan berarti pegawai yang dibutuhkan bukan hanya sebagai operator sehari-hari, tetapi juga yang memiliki kemampuan sebagai teknisi komputer untuk memperbaiki kerusakan ringan yang sering terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar